Pengaruh Model Pembelajaran Word Square calam Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Semester 1 MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2018/2019

Alfil Lail, Nur (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square calam Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Semester 1 MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, siswa kurang meminati pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya pada teks berita, siswa cenderung bosan mengikuti kegiatan belajar mengajar disebabkan guru menerapkan model pembelajaran ceramah, minim variasi dalam penyampaian materi ajar, nilai pencapaian siswa relatif tidak mencapai KKM yang ditetapkan, siswa membutuhkan solusi model pembelajaran yang dapat memacu minat dan perhatian siswa untuk bersemangat mengikuti pembelajaran, salah satunya Model Pembelajaran Word Square. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Word Square dalam menulis teks berita siswa kelas VIII semester 1 MTsN Kota Solok tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di MTsN Kota

Solok pada kelas VIIIc dan VIIId semester I pada bulan Juli 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Data penelitian diperoleh melalui tes unjuk kerja. Data penelitian dianalisis berdasarkan indikator pada instrumen penelitian berupa tes unjuk kerja menuliskan teks berita dengan memperhatikan unsur, struktur dan kaidah kebahasaan teks berita.

Pengaruh model pembelajaran dalam menulis teks berita siswa keias VIIIc Semester 1 MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2018/2019 berdasarkan unsur teks berita, berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 65,17. Berdasarkan struktur teks berita, berada pada kualifikasi hampir cukup (HC) dengan rata-rata 54,46. Berdasarkan kaidah-kaidah kebahasaan, berada pada kualifikasi hampir cukup (HC) dengan rata-rata 55,35. Pengaruh model pembelajaran dalam menulis teks berita siswa kelas VIIIc Semester 1 MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2018/2019, berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 58,14. Pengaruh model pembelajaran word square dalam menulis teks berita siswa kelas VIIId Semester 1 MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2018/2019 berdasarkan unsur teks berita, berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 83,92. Berdasarkan struktur teks berita, berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 58,03. Berdasarkan kaidah- kaidah kebahasuan, berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 83,92. Pengaruh model pembelajaran word quare dalam menulis teks berita siswa kelas VIIId Semester 1 MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2018/2019, berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC) dengan rata-rata 75,14.

Kata Kunci: Menulis Teks Berita, Word Square

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Operator
Date Deposited: 22 Jan 2024 05:15
Last Modified: 22 Jan 2024 05:15
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item