Persepsi Peserta Didik Kelas VIII Terhadap Penggunaan Google Classroom Di SMP Negeri 5 Kota Solok

Eka Putri, Jessica (2021) Persepsi Peserta Didik Kelas VIII Terhadap Penggunaan Google Classroom Di SMP Negeri 5 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali dengan adanya pembelajaran online di SMP Negeri 5 Kota Solok, selama masa pandemi COVID 19 dengan menggunakan Google Classroom. Namun dalam prosesnya, belum terlihat interaksi langsung antara peserta didik dan materi pembelajaran, proses pembelajaran belum dapat berlangsung secara individual sesuai dengan kemampuan peserta didik, belum adanya tampilan unsur audio-visual guna meningkatkan minat belajar peserta didik, belum terlihat umpan balik serta respon peserta didik dalam proses pembelajaran serta belum menciptakan proses belajar yang berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi peserta didik kelas VIII terhadap penggunaan Google Classroom di SMP Negeri 5 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitia kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok yang berjumlah 146 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan persepsi peserta didik kelas VIII terhadap penggunaan Google Classroomdi SMP Negeri 5 Kota solok diperoleh persentase sebesar 77,02% artinya persepsi peserta didik termasuk cukup. Google Classroom yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan proses efektivitas proses pembelajaran antara lain: a) Memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara peserta didik dan materi pembelajaran dengan nilai 75,5% dalam kategori cukup, b) Proses pembelajaran dapat berlangsung secara individual sesuai dengan kemampuan belajar peserta didik dengan nilai 73,9% dalam kategori cukup, c) Mampu menampilkan unsur audio-visual untuk meningkatkan minat belajar (muitimedia) dengan nilai 80,6% dalam kategori baik, d) Dapat memberikan umpan balik terhadap respons peserta didik dengan segera dengan nilai 79,4% dalam kategori cukup, dan e) Mampu menciptakan proses belajar secara berkesinambungan dengan nilai 75,7% termasuk kategori cukup. Ini berarti pelaksanaan Google Classroom di SMP Negeri 5 Kota Solok secara keseluruhan belum maksimal, untuk itu diharapkan kepada guru sebagai pengelola proses kegiatan belajar mengajar memaksimalkan penggunaan Google Classroom, sehingga peserta didik antusias dalam belajar sehingga hasil belajar lebih baik.

Kata Kunci : Persepsi Peserta Didik, Google Classroom

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:36
Last Modified: 05 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item