Pengaruh Sikap Guru Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Solok

Yulisa, Yulisa (2021) Pengaruh Sikap Guru Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok. Hal ini diduga karena kurangnya perhatian guru dan teman sebaya akan keberhasilan dan kesungguhan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Pengaruh sikap guru terhadap minat belajar peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok, 2) Pengaruh teman sebaya terhadap minat belajar peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok, 3) Pengaruh sikap guru dan teman sebaya terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok, yaitu sebanyak 143 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random sampling dengan perhitungan teknik Solvin, yang di ambil dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 kota Solok, yang berjumlah 223 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi liner berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara wrap guru terhadap minat belajar, dimana diperoleh thitung < tabel = yaitu ( -0,200 < 1,65589) 2) Terdapat pengaruh yang positif dan singifikan antara teman sebaya terhadap minat bela dimana diperoleh thitung > tabel = yaitu(7,058 > 1.65589). 3)Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap guru dan teman sebaya terhadap minat belajar mempunyai nilai sebesar (35,146 > 3,91) dengan taraf signifikan a=5%.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara sikap guru terhadap minat belajar dan terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara teman sebaya terhadap minat belajar serta terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara sikap guru dan teman sebaya terhadap minat belajar

Saran dalam penelitian ini yaitu agar siswa, untuk dapat melihat minat belajar yang telah dira 1 nya dan dapat meningkatkan minat belajar siswa, serta diharapkan siswa lebih aktif dalam bertanya kepada guru mengenai materi yang belum jelas sehingga harapannya dapat lebih meningkatkan minat belajar siswa itu sendiri.

Kata kunci: Sikap Guru, Teman Sebaya, Minat Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:33
Last Modified: 05 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item