Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 3 Kota Solok

Afifah, Nur (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini masih ditemukan bahwa motivasi pembelajaran peserta didik pada proses pembelajaran masih rendah. Sewaktu proses pembelajaran berlangsung beberapa orang peserta didik menunjukkan kurang adanya hasrat dan keinginan peserta didik untuk belajar, belum adanya harapan dan cita-cita masa depan, belum adanya penghargaan dalam proses belajar dan lingkungan belajar belum kondusif. Media yang digunakan tidak bervariasi, sehingga peserta didik cepat merasa bosan saat pembelajaran berlangsung, serta kurangnya interaksi antara pendidik dengan peserta didik dan banyakguruyang menggunakan media sederhana yaitu buku bacaan, dan dengan menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar IPS siswa di SMP Negeri 3 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme. Sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling dari siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok yang berjumlah 106 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis Regresi Linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok. Berdasarkan hesil analisis data statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa media pembelajaran diperoleh nilai t hitung= 9,841, sedangkan nilai t table dapat dicari dengan meavgunakan table, maka diperoleh nilai t tabel = 1,98304. Ternyata thitung 9,841> 1,98304 maka Ho ditolak. Maka keputusannya hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dengan taraf signifikan a= 5% dimana media pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu sebesar 36,4%. Disarankan supaya guru memvariasikan media pembelajaran kepada siswa dengan memberikan penghargaan dan penghormatan atas usaha belajar siswa, menyediakan media pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar siswa, menyusun kegiatan yang menyenangkan.

Kata kunci : Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:29
Last Modified: 05 Jul 2023 03:37
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item