Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Solok

Mahendra, Andrian (2020) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya Motivasi Belajar siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Solok. Hal ini diduga karena rendahnya Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, 1) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Kota Solok, 2) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Kota Solok, 3) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar kelas X di SMK Negeri 3 Kota Solok.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X di SMK Negeri 3 Kota Solok, yaitu sebanyak 122 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random sampling dengan perhitungan teknik Solvin, yang di ambil dari siswa kelas X di SMK Negeri 3 kota Solok, yang berjumlah 175 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi liner berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang positif antara Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar, dimana diperoleh thitung > ttabel = yaitu (3,746 > 1,660). 2) Terdapat pengaruh yang positif dan singifikan antara Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar dimana diperoleh thitung > ttabe 1= yaitu (6,360 >1,660). 3)Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar. Dimana motivasi belajar mempunyai nilai sebesar (19,908 > 3,07) dengan taraf signifikan a=5%.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar serta terdapat pengaruh positif yang signifikan secara simultan antara Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar.

Saran dalam penelitian ini yaitu agar orang tua lebih memperhatikan dan memperdulikan pendidikan anaknya serta membantu dan mendorong anak untuk memotivasi diri untuk belajar lebih baik agar dapat memperoleh prestasi di sekolah, serta pihak sekolah juga mempergunakan fasilitas yang ada di lingkungan sekolah sesuai dengan fungsinya dan melengkapi peralatan-peralatan pendukung yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran serta melengkapi sumber-sumber pelajaran dan menata buku-buku yang ada diperpustakaan sehingga akan memudahkan siswa untuk mencari sumber pelajaran yang diperlukan.

Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:01
Last Modified: 05 Jul 2023 03:01
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item