Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivements Divission (STAD) Disertai Modul Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kota Solok

Setiawan, Randa (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivements Divission (STAD) Disertai Modul Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Kota Solok dimana sebagian siswa malas mengerjakan tugas latihan materi yang sudah diajarkan. Saat diadakan diskusi masih ada siswa yang malas bekerjasama dalam kelompoknya, sedangkan siswa lain hanya bersifat mendengarkan saja. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperative Student Teams Achievement Divission (STAD) disertai Modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapabesar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatiepe STAD disertai modul dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok yang terdiri dari 144 siswa yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang terbagi ke dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, setelah diketahui populasi homogen, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII.3 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 orang. Untuk pengujian hipotesis, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, maka didapatkan thitung = 3,20, sedangkan ttabel = 1.70, berarti thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperative Student Teams Achievement Divission (STAD) disertai Modul terbukti berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri 3 Kota Solok. Disarankan kepada guru Ekonomi agar dapat menerapkan Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Student Teams Achievement Divission (STAD) dalam pembelajaran IPS selanjutnya di sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:35
Last Modified: 05 Jul 2023 02:45
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item