Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Solok

Setiawan, Randi (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Kota Solok disebabkan dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk mengembangkan kreatifitasnya serta guru tidak memberikan kemudahan siswa dalam pembelajaran, akibatnya pembelajaran terasa membosankan bagi siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking. Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Solok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok yang terdiri dari 139 siswa yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang terbagi ke dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, setelah diketahui populasi homogen, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas X IPS3 dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas X IPS4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 orang. Untuk pengujian hipotesis, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, maka didapatkan thitung = 2,59 sedangkan ttabel = 1,66 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 2 Kota Solok.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:04
Last Modified: 04 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item