Pengaruh Pemanfaatan Internetan Dan Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 2 Kota Solok

Alhidayah, Yahya (2019) Pengaruh Pemanfaatan Internetan Dan Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 2 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 2 Kota Solok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar Ekonomi siswa 2) Pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar Ekonomi siswa 3) Pengaruh pemanfaatan internet dan manajemen waktu secara bersama-sama terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 2 Kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS di SMA Negeri 2 Kota Solok, yaitu 172 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknikslovin,yang diambil dari siswa kelas X IIS di SMA Negeri 2 Kota Solok, yang berjumlah 120 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara pemantaatan internet terhadap hasil belajar Ekonomi siswa, dimana diperoleh thitung < tabel yaitu 0,117 < 1,981. 2) Terdapat pengaruh yang positif signifikan secara parsial antara manajemen waktu terhadap hasil belajar Ekonomi siswa, dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,307 > 1,981. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pemanfaatan internet dan manajemen waktu terhadap hasil belajar Ekonomi siswa, dimana diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,265 < 3,07 dengan taraf signifikan a= 5%.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar Ekonomi siswa dan terdapat pengaruh yang positif signifikan secara parsial antara manajemen waktu terhadap hasil belajar Ekonomi siswa serta tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pemanfaatan internet dan manajemen waktu terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IIS di SMA Negeri 2 Kota Solok.
Saran dalam penelitian ini yaitu agar siswa lebih dapat mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana untuk mencari informasi yang bermanfaat dan sarana pembelajaran, Bagi guru, wali kelas, dan sekolah agar mengarahkan siswa lebih dapat mengoptimalkan pemanfaatan internet serta diharapkan siswa dapat mengatur waktu atau memanajemen waktu agar kegiatan lain tidak mengganggu waktu belajar.

Kata Kunci: Pemanfaatan Internet, Manajemen Waktu dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:33
Last Modified: 04 Jul 2023 07:33
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item