Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar SISWA Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 5 Kota Solok

Purnama, Alsyah (2019) Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar SISWA Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 5 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini masih ditemukan kurangnya kemauan siswa untuk berusaha mengaktualisasikan gagasan dalam berfikir, malu dalam menyampaikan argumentasi sehingga menghambat perilaku kreatif. Siswa tidak mau berpikir aktif dan hanya mau menerima apa adanya pengetahuan dan ketrampilan yang mereka dapatkan dari guru, terlihat rendahnya keinginan siswa dalam memerhatikan guru dalam proses pembelajaran IPS, kurangnya kemauan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan pada proses pembelajaran, siswa bersifat pasif dalam mengikuti kegiatan PBM, siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung seperti tidak adanya hubungan timbal balik antara guru dengan siswa. Tujuan penelitin ini untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar, motivasi belajar terhadap hasil belajar serta kreativitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik proportional sampel dari siswa kelas VII SMPN 5 Kota Solok yang berjumlah 145 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis Regresi Linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMPN 5 Kota Solok. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa pada variabel Kreativitas belajar diperoleh nilai thitung 6,071 > ttabel 1,97669 artinya terdapat pengaruh positif kreativitas terhadap hasil belajar. Hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji t, pada variabel motivasi belajar diperoleh nilai thitung 2,387 > ttabel 1,97669 artinya terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan Kreativitas belajar dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu sebesar 30,8%. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji F menunjukkan nilai Fhitung = 31,653 > Ftabel == 3,06 sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima. Maka keputusannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Kreativitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Kota Solok. Disarankan supaya guru membimbing dan membantu siswa untuk mengatasi kesulitan belajar serta memantau perkembangan siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa agar siswa yang mengalami kesulitan belajar tidak bermalas-malasan dan putus asa.

Kata Kunci : Kreativitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:21
Last Modified: 04 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item