Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok

Sartika, Ayu (2019) Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini motivasi belajar siswa rendah, terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa masih asyik berbicara dengan teman disebelahnya, sibuk sendiri dengan urusannya, sering melihat keluar seakan-akan kondisi di luar lebih menyenangkan dari pada di dalam kelas, saat diberi tugas ataupun PR siswa lebih sering mencontek bahkan ada dari mereka yang tidak mengerjakannya, beberapa siswa sering tidak masuk sekolah tanpa alasan yang jelas bahkan ada dari mereka yang cabut pada saat jam-jam tertentu.

Tujuan penelitin ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Solok dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling yaitu 107 orang yang terdiri dari 5 kelas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok.

Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa kreativitas guru mempunyai thitung sebesar 3,917, sedangkan ttabel sebesar 1,659, hal ini berarti thitung ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dan berdasarkan uji koefisien Regresi (R2) terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 56,1%. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solck. Disarankan kepada siswa tidak boleh bermalasmalasan, putus asa dan menyerah jika menghadapi kesulitan dalam belajar, oleh karena itu siswa harus lebih ulet dan gigih dalam belajar.

Kata Kunci : Kreatitivitas Guru dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:13
Last Modified: 04 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item