Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Instrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 2 Bukit Sundi

Wulan Dari, Rahayu (2019) Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Instrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 2 Bukit Sundi. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi olen rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Bukit Sundi, hal ini diduga karena rendahnya minat belajar dan motivasi intrinsik siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS 2) pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS. 3) pengaruh minat belajar dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 2 Bukit Sundi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Bukit Sundi, yaitu 82 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu total sampel dalam penelitian ini adalah total sampel dimana semua populasi menjadi responden penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa, dimana diperolen thitung ttabel yaitu (2,470 > 1,9905), 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa, dimana diperoleh thitung> ttabel yaitu (2,134 > 1,9905), 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa, dimana Fhitung sebesar 4,551 sedangkan Ftabel sebesar 3,11 berarti Fhitung > Ftabel, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara minat dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Bukit Sundi, dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 2 Bukit Sundi. Saran dalam penelitian ini yaitu agar siswa lebih meningkatkan minat belajar dan motivasi intrinsik untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, sehingga tercapai hasil yang diharapkan.

Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Intrinsik, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:04
Last Modified: 04 Jul 2023 07:04
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item