Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Di SMP Negeri 5 Kota Solok

Sonatha, Geby (2019) Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Di SMP Negeri 5 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini proses pembelajaran yang ditemui umumnya masih secara konvensional serta rendahnya motivasi siswa untuk belajar. Dalam proses pembelajaran berkelompok atau diskusi siswa yang aktif hanya beberapa orang saja. Siswa juga tidak mengerjakan tugas dengan berbagai alasan serta rendahnya partisipasi siswa bertanya kepada guru tentang pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam belajar IPS adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitin ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Quantum Teaching terhadap peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang digunakan adalah pre exsperimentalesign dengan jenis pre test and post test one group design Sampel penelitian kelas VIII.1 sebanyak 26 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre test dan Post test menggunakan uji parametric yaitu uji Paired T-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model

Quantum Teaching terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas VIII di SMP Negeri 5

Kota Solok. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji t Paired T-Test menunjukkan bahwa nilai t sebesar 12,958 dan sig 0,000. Nilai Sig menyatakan < 0,05 dan thitung (12,958) > ttabel (1,7108) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh penerapan model quantum teaching sebelum (pre test) dengan sesudah ( post test) penerapan terhadap peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok.

Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching sebagai model yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Model Quantum Teaching

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:49
Last Modified: 04 Jul 2023 06:49
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item