PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BLANDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA SOLOK

Saputra, Edya (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BLANDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
P Bio 2022 EDYA SAPUTRA_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
P Bio 2022 EDYA SAPUTRA_watermark_removed.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Pnelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Solok dimana dalam proses pembelajaran sebagian guru belum memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran, siswa yang pasif cenderung bergantung pada siswa yang aktif dalam diskusi, dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan guru sehingga hasil belajar biologi siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Blanded learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Solok. Penelitian ini adalah penelitian eksperiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok yang terdiri dari 350 orang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022 yang terbagi dalam 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, setelah diketahui populasi homogen, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII.E dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII.J sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 orang. Untuk pengujian hipotesis, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, maka didapatkan thitung = 3,20, sedangkan ttabel = 1.70, berarti thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Blanded Learning terbukti berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Solok. Disarankan kepada guru Biologi agar dapat menerapkan Model Pembelajaran Blanded Learning dalam pembelajaran biologi selanjutnya di sekolah.

Kata Kunci : Blanded Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > Pertanian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2023 02:35
Last Modified: 27 May 2023 04:13
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item