Penerapan Strategi Pmbelajaran Aktif Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok

Rinuwati, Rinuwati (2016) Penerapan Strategi Pmbelajaran Aktif Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA (Biologi) siswa ini disebabkan karena siswa masih beranggapan bahwa materi pembelajaran tersebut sebagai perangkat faktafakta yang harus dihafal. Siswa tidak terlatih mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Masih banyak siswa yang belum mampu memahami berbagai konsep Biologi dengan baik. Pembelajaran masih terpusat pada guru sebagai sumber belajar utama, dimana penggunaan strategi dan metode belajar yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran. Salah satu solusi untuk memperbaiki hasil belajar siswa, yaitu menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Rotating Trio Exchange. Rumusan masalah penelitian ini yaitu "Apakah hasil belajar Biologi siswa meningkat dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Rotating Trio Exchange di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Rotating Trio Exchange di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Rotating Trio Exchange di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 151 orang. Menjadi sampel yaitu s?swa VIIID sebagai kelas eksperimen dengan siswa 25 orang dan VIIIc sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 3,30 dan ttabel = 1,68 ini menunjukkan bahwa thitung > trabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95 %. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Rotating Trio Exchange di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok pada materi Sistem Gerak Manusia.

Kata Kunci : - Pembelajaran aktif tipe Rotating Trio Exchange
- Biologi
- SMP Negeri 4 Kota Solok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:49
Last Modified: 07 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item