Pengaruh Pemberian Kuis pada Pembelajaran Talking Stik Terhadap Hasil Belajaran Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Kota Solok.

Kurnia, Rezi (2016) Pengaruh Pemberian Kuis pada Pembelajaran Talking Stik Terhadap Hasil Belajaran Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar Biologi siswa rendah disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pembelajaran satu arah yaitu dari guru kesiswa. Guru menjadi peran utama dalam proses pembelajaran (teacher centered), sehingga membuat siswa menjadi pasif dalam belajar. Model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Ketika guru menjelaskan pelajaran di depan kelas, banyak siswa yang melamun, mengganggu teman dan bercerita dibelakang. Salah satu cara meningkatkan hasil belajar Biologi dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stik disertai kuis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stik disertai Kuis lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stik tanpa Kuis?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stik disertai kuis lebih tinggi dibandikan hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stik tanpa kuis. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar Biologi yang menggunakan model pembelajaran Talking Stik disertai kuis lebih tinggi dibandikan menggunakan model pembelajaran Talking Stik tanpa kuis pada siswa kelas X SMAN 3 Kota Solok tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 507 orang siswa. Sampel penelitian yaitu siswa X8 sebagai kelas eksperimen dengan siswa 43 orang dan kelas kontrol X12 dengan jumlah 34 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh Zhitung = 2,67 dan Ztabel = 1,67 ini menunjukkan bahwa Zhitung Ztabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi yang menggunakan model pembelajaran Talking Stik disertai kuis lebih tinggi dibandikan menggunakan model pembelajaran Talking Stik tanpa kuis pada siswa kelas X SMAN 3 Kota Solok tahun pelajaran 2015/2016 dengan materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan.

Kata Kunci:
Talking Stik
Kuis
Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:48
Last Modified: 07 Apr 2023 03:48
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item