Pengaruh Strategi PQ4R disertai Make A Match terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Kota Solok.

Yulianis, Rinti (2016) Pengaruh Strategi PQ4R disertai Make A Match terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI MIA dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru masih kurang bervariasi, masih banyaknya siswa yang kurang memahami mata pelajaran biologi, siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa belum optimal dan kurangnya minat baca siswa. Strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar adalah dengan menggunakan strategi PQ4R disertai make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang menggunakan strategi PQ4R disertai make a match lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan strategi PQ4R tanpa disertai make a match dan mengetahui apakah hasil penilaian sikap siswa yang menggunakan strategi PQ4R disertai make a match lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan strategi PQ4R tanpa disertai make a match. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI MIA yang diajarkan dengan menggunakan strategi PQ4R disertai make a match lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas XI MIA yang menggunakan strategi PQ4R tanpa disertai make a match. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only One Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kota Solok yang berjumlah 7 (tujuh) kelas jumlah siswa 244 orang dimana kelas XI MIA kelas unggul. Teknik pengambilan sampel secara Random Sampling didapat kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen jumlahnya 35 orang dan XI MIA2 sebagai kelas kontrol jumlah siswanya 34 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menngunakan uji-z diperoleh Zhitung = 2,65 dan Ztabel =0,9960.Karena Zhitung Ztabel maka hipotesis diterima pada selang kepercayaan 95%. Berarti Hasil belajar biologi siswa yang menggunakan strategi PQ4R disertai make a match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi menggunakan strategi PQ4R tanpa disertai make a match. Penilaian sikap siswa yang menggunakan strategi PQ4R disertai make a match lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan strategi PQ4R tanpa disertai make a match
Kata Kunci : PQ4R, make a match, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:48
Last Modified: 07 Apr 2023 03:48
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item