Pengaruh Penggunaan Media Visual pada Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang

Desriyana Irlanda, Lara (2016) Pengaruh Penggunaan Media Visual pada Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar siswa banyak yang rendah. Salah satu penyebabnya yaitu model siswa bosan pembelajaran dan jenuh, yang serta digunakan kurang bersemangat kurang bervariasi, dalam belajar. yang mengakibatkanGuru sebagai salah satu penentu keberhasilan pembelajaran harus dapat membuat siswa lebih giat lagi dalam proses pembelajaran, sehingga akan dapat mendorong siswa mengembangkan ide-ide dan kemampuan yang dimiliki siswa. Cara memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan media visual pada model pembelajaran Cooperative Script. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan media visual pada model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual pada model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Biologi Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan media visual pada pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dari pada pembelajaran Cooperative Script tanpa menggunakan media visual. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 156 orang siswa. Sampelnya yaitu siswa VIII, sebagai kelas eksperimen dengan siswa 22 orang dan VIII3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 1,74 dan ttabel = 1,68 ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95 %. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi yang menggunakan media visual pada pembelajaran Cooperative Scriptlebih tinggi dari pada pembelajaran Cooperative Script tanpa menggunakan media visual siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan taraf kepercayaan 95 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:48
Last Modified: 07 Apr 2023 03:48
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item