Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Penyempurnaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Talang

Kurnihan, Atilla (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Penyempurnaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Talang. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar biologi siswa masih banyak yang rendah dan belum mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Selain itu, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher center). Pembelajaran seperti ini membuat siswa menjadi kurang aktif dalam belajar. Keadaan demikian, membuat guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, begitu juga siswa sendiri kurang bersemangat untuk mendalami setiap bagian pengetahuan yang diperolehnya. Salah satu cara memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai penyempurnaan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa yang meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai penyempurnaan peta konsep lebih tinggi daripada pembelajaran kooperatif tie jigsaw tanpa disertai penyempurnaan peta konsep. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dsertai penyempurnaan peta konsep lebih tinggi daripada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa penyempurnaan peta konsep di kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Talang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Talang tahun pelajaran 2015/2016. Samel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX APTER.B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 orang dan siswa kelas XI APTER.B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 1,80 dan ttabel = 1,677 ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai penyempurnaan peta konsep lebih tinggi daripada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa penyempurnaan peta konsep di kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Talang dengan materi pokok Reproduksi Tumbuhan.

Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai penyempurnaan Peta Konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:49
Last Modified: 07 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item