Pengaruh Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Artikulasi yang disertai LKS terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Solok. Skripsi. Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Gustia Sari, Yola (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Artikulasi yang disertai LKS terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Solok. Skripsi. Universitas Mahaputra Muhammad Yamin. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa Biologi kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Solok menuntut guru untuk mencari alternatif supaya hasil belajar siswa meningkat dengan membuat suasana belajar yang hangat antara siswa dengan guru agar terjalin komunikasi yang baik. Salah satu cara yang dilakukan guru yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperative Artikulasi yang disertai Lembar Kerja Siswa (LKS). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatie Artikulasi yang disertai LKS terhadap hasil belajar siswa Biologi kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Solok?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatie Artikulasi yang disertai LKS terhadap hasil belajar siswa Biologi kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Solok. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperativ tipe Artikulasi yang disertai LKS terhadap hasil belajar siswa Biologi kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Solok. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang terdaftar pata tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 244 orang. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 4 dengan jumlah siswa 36 orang menggunakan model pembelajaran kooperative Artikulasi yang disertai LKS dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 5 dengan jumlah siswa 36 orang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Artikulasi tanpadisertaiLKS. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji z diperoleh Zhitung 1,93 dan Ztabel 1,78 sehingga Zhitung > Ztabel pada tingkat kepercayaan 95% ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya, hasil belajar siswa Biologi yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Artikulasi yang disertai LKS lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperative Artikulasi tanpa disertai LKS.

Kata Kunci:
Artikulasi
LKS
Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:55
Last Modified: 01 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item