Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) disertai Modul terhadap Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kubung

Gustian, Irfan (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) disertai Modul terhadap Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kubung. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA (Biologi) siswa ini disebabkan beberapa faktor, yaitu pembelajaran satu arah yaitu dari guru ke siswa. Guru menjadi peran utama dalam proses pembelajaran (teacher centered), sehingga membuat siswa menjadi pasif dan kurang aktif dalam belajar, model yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, ketika guru menjelaskan pelajaran di depan kelas, banyak siswa yang melamun, mengganggu teman dan bercerita dibelakang. Salah satu solusi untuk memperbaiki hasil belajar siswa, yaitu menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC)disertai modul. Rumusan masalah penelitian ini yaitu" Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC disertai modul lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC tanpa disertai modul dalam pembelajaran IPA (Biologi) siswa kelas VII SMPNegeri 1 Kubung pada materi ekosistem?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan penggunaan model pembelajaran CIRC disertai modul lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC tanpa disertai modul dalam pembelajaran IPA (Biologi) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubung pada materi ekosistem. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar IPA (Biologi) yang menggunakan model pembelajaran CIRC disertai modul lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran CIRC tanpa disertai modul pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubung Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 203 orang. Menjadi sampel yaitu siswa VII2 sebagai kelas eksperimen dengan siswa 27 orang dan VIII sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 1,78 dan ttabel = 1,675 ini menunjukkan bahwa thitung tabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan model 95%. pembelajaran Dapat disimpulkanCIRC disertai bahwamodul hasil lebih belajar baik daripada siswa yanghasil belajar menggunakan pembelajaran siswa yang menggunakan IPA (Biologi) model siswa pembelajaran kelas VII SMP CIRC Negeri tanpa 1 disertai Kubung modul pada dalam materi ekosistem.

Kata Kunci : Model Pembelajaran CIRC, Modul, IPA (Biologi), SMP Negeri 1 Kubung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:55
Last Modified: 01 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item