Perbandingan Hasil Belajar Biologi siswa yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan Tipe Two Stay Two Stray di SMA Negeri 4 Kota Solok

Alpicesta, Fitriarsyi (2016) Perbandingan Hasil Belajar Biologi siswa yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan Tipe Two Stay Two Stray di SMA Negeri 4 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendah nya hasil belajar IPA (Biologi) siswa disebabkan oleh buku sumber masih sedikit, siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu solusi untuk memperbaiki hasil belajar siswa, yaitu menerapkan model pembelajaran kooperative Make A Match dan Tipe Two Stay Two Stray. Rumusan masalah penelitian ini yaitu "Bagaimanakah hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatione Make A Match dengan tipe Two Stay Two Stray di SMA Negeri 4 Kota Solok" ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi siswa menggunakan model pembelajaran kooperative Two Stay Two Stray. Hipotesis penelitian ini adalah adalah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperati tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperatione Two Stay Two Stray. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 61 orang. Menjadi sampel yaitu siswa XI IPA sebagai kelas eksperimen dengan siswa 20 orang dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 1,81 dan ttabel = 1,67 ini menunjukkan bahwa thitung ttabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil pengamatan afektif siswa, pada kelas eksperimen umumnya memperoleh nilai sangat baik, sedangkan di kelas eksperimen II memperoleh nilai baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi menggunakan model pembelajaran kooperative Make A Match lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperatione Two Stay Two Stray pada siswa kelasXI IPA SMAN 4 Kota Solok pada materi Jaringan Hewan.
Kata Kunci: Make A Match , Two Stay Two Stray, Biologi, SMAN 4 Kota Solok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:38
Last Modified: 30 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item