Studi penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT disertai Media Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa Kelas X SMAN 4 Kota Solok

Jasman, Susanti (2016) Studi penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT disertai Media Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa Kelas X SMAN 4 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar biologi siswa, yang disebabkan beberapa faktor yaitu: pembelajaran satu arah yaitu dari guru ke siswa. Guru menjadi peran utama dalam proses pembelajaran (teacher centered), sehingga membuat siswa menjadi pasif dan kurang aktif dalam belajar, model yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, ketika guru menjelaskan pelajaran di depan kelas, banyak siswa yang melamun, mengganggu teman dan bercerita dibelakang. Guru sebagai salah satu penentu keberhasilan pembelajaran harus dapat membuat siswa lebih giat, termotivasi, aktif dan punya kompetensi tentang materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperative NHT disertai media visual. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu "Apakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperative NHT disertai media visual lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatie NHT tanpa disertai media visual?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe NHT disertai media visual lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajarankooperatie NHT tanpa disertai media visual. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 4 Kota Solok tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 176 orang. Menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara random sampling. Kelas X6 sebagai kelas eksperimen dengan siswa 25 orang dan X3 sebagai kelas kontrol dengan siswa 25 orang. Temuan penelitian menujukkan bahwa thitung = 2,09 danttabel = 1,68, ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe NHT disertai media visual lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe NHT tanpa disertai media visual pada siswa kelas X SMAN 4 Kota Solok.
Kata Kunci : - NHT
- Media Visual

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:38
Last Modified: 30 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item