Pengaruh Penggunaan Strategi SQ3R dengan Variasi Tebak Kata terhadap Hasil Belajar Biologi Sisws Kelas XI SMAN 3 Kota Solok

Gumala Sari, Mona (2016) Pengaruh Penggunaan Strategi SQ3R dengan Variasi Tebak Kata terhadap Hasil Belajar Biologi Sisws Kelas XI SMAN 3 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas sering menggunakan model ceramah. Guru cendrung dominan sehingga keterkaitan guru masih terlalu besar, sedangkan intensitas belajar siswa masih terlalu rendah. Proses pembelajaran yang seperti itu akan membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas, mereka sering tidak memperhatikan pelajaran bahkan mereka bermain atau berbicara dengan teman sehingga kelas menjadi gaduh dan pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi tidak efektif. Selain itu, hasil belajar siswa masih jauh dari yang diharapkan. Guna mewujudkan kondisi pembelajaran yang optimal, salah satu usaha yaitu menggunakan strategi SQ3R dengan tebak kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh strategi SQ3R dengan variasi tebak kata terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMAN 3 Kota Solok?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh penggunaan strategi SQ3R dengan variasi tebak kata terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Kota Solok. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa yang menggunakan strategi SQ3R dengan variasi tebak kata lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan strategi SQ3R tanpa tebak kata pada siswa kelas XI SMAN 3 Kota Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Kota Solok tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPAs berjumlah 39 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IP44 sebagai kelas kontrol dengan siswa 42 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh Zhitung = 2,10 dan Ztabel = 1,67 ini menunjukkan bahwa Zhitung > Ztabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95 %. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang menggunakan strategi SQ3R dengan variasi tebak kata lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan strategi SQ3R tanpa tebak kata pada siswa kelas XI SMAN 3 Kota Solok dengan materi pokok Sistem Pertahanan Tubuh.

Kata Kunci: SQ3R, Tebak Kata, Hasil Belajar Biologi, SMAN 3 Kota Solok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:38
Last Modified: 30 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item