Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX.1 MTsN Talang Babungo Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup.

Oktinovia, Oktinovia (2016) Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX.1 MTsN Talang Babungo Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan siswa kurang tertarik dengan pelajaran IPA Biologi, kurang berani bertanya dan memberikan tanggapan tentang materi pelajaran. Proses Pembelajaran yang berlangsung selama ini masih berpusat kepada guru. Guru masih cenderung memberikan informasi sebanyakbanyaknya dan masih kurang mengaitkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata bagi siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari, karena Pembelajaran hanya bersifat teoritis dan bersifat abstrak, sehingga dalam penyelesaian soal-soal siswa cenderung mencontek, tidak terbiasa belajar dengan cara berdiskusi dan masih kurang mampu merangkum materi pelajaran. Guru dituntut dan berkewajiban dapat meningkatkan aktivitas belajarnya. Salah satu caranya yaitu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) atau pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup dengan menggunakan pendekatan CTL. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas IX.1 MTsN Talang Babungo berjumlah 30 orang. Alat pengumpul data digunakan adalah lembaran observasi dan tes akhir setiap siklus. Teknik analisis data adalah analisis hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa aktivitas dan hasilbelajar siswa pada siklus I dan II terdapat peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar pada siklus I yaitu 51,7 % dan siklus II rata-rata aktivitas belajar yaitu 83,8 %. Ratarata hasil belajar pada siklus I yaitu 69,33 dan siklus II rata-rata hasil belajar yaitu 87,17. Berdasarkan analisis data dapa disimpulkan bahwa melaluip endekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX.1 MTsN Talang Babungo.

Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:38
Last Modified: 30 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item