Perbandingan Pembelajaran Course Review Horay Disertai Teka-Teki Silang dengan Pembelajaran Langsung Disertai Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 7 Gunung Talang.

Darma Satria, Eko (2016) Perbandingan Pembelajaran Course Review Horay Disertai Teka-Teki Silang dengan Pembelajaran Langsung Disertai Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 7 Gunung Talang. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar Biologi siswa salah satunya disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaranyang kurang tepat menyebabkan siswa terlihat kurang memperlihatkan aktivitas positif dalam proses pembelajaran, siswa sering membuat keributan dalam kelas, kurang berani mengungkapkan pendapat, jarang menyampaikan pertanyaan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu usaha dalam rangka meningkatkan hasil belajar Biologi, yaitu dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay disertai Teka-Teki Silang (TTS). Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan pembelajaran Course Review Horay disertai TTS lebih tinggi daripada pembelajaran langsung disertai TTS siswa kelas VII SMPN 7 Gunung Talang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan pembelajaran Course Review Horay disertai TTS lebih tinggi daripada hasil belajar Biologi siswa menggunakan pembelajaran langsung disertai TTS siswa kelas VII SMPN 7 Gunung Talang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 7 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 71 orang. Sampel penelitian yaitu siswa VII3 sebagai kelas eksperimen dengan siswa 24 orang dan VII2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 2,16 dan ttabel = 1,68 ini menunjukkan bahwa thitung > tabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95 %. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan pembelajaran Course Review Horay disertai TTS lebih tinggi daripada pembelajaran langsung disertai TTS siswa kelas VII SMPN 7 Gunung Talang tahun pelajaran 2015/2016 dengan materi pokok Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Serta Upaya Mengatasinya.

Kata Kunci : Pembelajaran Course Review Horay, TTS, Biologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:38
Last Modified: 30 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item