Pengaruh Tugas Meringkas Disertai Kuis di Akhir Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Sungai Lasi

Marlina, Juspa (2017) Pengaruh Tugas Meringkas Disertai Kuis di Akhir Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Sungai Lasi. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa Biologi kelas VIII MTsN Sungai Lasi menuntut guru untuk mencari alternatif supaya hasil belajar siswa meningkat dengan membuat suasana belajar yang hangat antara siswa dengan guru agar terjalin komunikasi yang baik. Salah satu cara yang dilakukan guru yaitu dengan menerapkan tugas meringkas disertai kuis di akhir proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan Tugas Meringkas Disertai Kuis di Akhir Proses Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII MTsN Sungai Lasi?" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas meringkas disertai kuis di akhir proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Sungai Lasi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh tugas meringkas disertai kuis di akhir Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Sungai Lasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Sungai Lasi yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Randomized Control-Group Posttest Only Design. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIIIC dengan jumlah siswa 25 orang menggunakan pembelajaran langsung diberi Tugas Meringkas disertai Kuis dan kelas kontrol yaitu kelas VIIIB dengan jumlah siswa 26 orang menggunakan Pembelajaran langsung disertai kuis tanpa tugas meringkas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji -tanda diperoleh Thitung 1 danT tabel 7 sehingga Thitung > Ttabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95% ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya, hasil belajar siswa Biologi yang menggunakan pembelajaran langsung diberi Tugas Meringkas disertai Kuis lebih tinggi dari pada Pembelajaran langsung disertai kuis tanpa tugas meringkas.
Kata Kunci: meringkas,kuis, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:38
Last Modified: 30 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item