Pengaruh Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guide Teaching Disertai Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMAN 3 Kota Solok

Ramadani, Elfi (2017) Pengaruh Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guide Teaching Disertai Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMAN 3 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar biologi siswa, yang disebabkan beberapa faktor yaitu: siswa belum terlibat aktif pada saat pembelajaran berlangsung karena ternyata masih banyak siswa yang melamun, bercerita dan mengganggu teman. Kemampuan siswa dalam memahami materi juga berkurang, karena guru pada umumnya menerapkan tipe teacher center. Guru sebagai salah satu penentu keberhasilan pembelajaran harus dapat membuat siswa lebih giat, termotivasi, aktif dan punya kompetensi tentang materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperative Guide Teaching disertai Mind Mapping. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu "Apakah terdapat pengaruh penerapan tipe Guide Teaching disertai Mind Mapping terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Solok ?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan tipe Guide Teaching disertai Mind Mapping terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Solok. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Solok tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 211 orang. Menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara random sampling. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan siswa 35 orang dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan siswa 35 orang. Temuan penelitian menujukkan bahwa thitung = 2,05 dan ttabel = 1,66, ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperative Guide Teaching disertai Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi menggunakan model pembelajaran kooperative Guide Teaching tanpa disertai Mind Mapping pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Solok.
Kata Kunci : Guide Teaching, mind mapping, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:36
Last Modified: 30 Mar 2023 03:36
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item