Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Prediction-Observation-Explanation Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Kelas VII

Ramadhani, Suci (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Prediction-Observation-Explanation Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Kelas VII. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena media yang ada di sekolah kurang memfasilitasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan pengembangan 4D yaitu difine, design, develop, dan disseminate. Instrumenyang digunakan adalah angket ahli materi, ahli bahasa, respon guru, dan respon siswa. Subjek uji coba dalam penelitian adalah 23 orang siswa kelas VII SMPN 1 Kubung. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa dan analisis tugas, pada tahap design dilakukan perancangan media LKS, pada tahap develop dilakukan uji validasi oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas oleh guru dan siswa di SMPN 1 Kubung kelas VII, pada tahap akhir adalah disseminate dilakukan diseminasi terbatas yaitu dengan menyebarkan produk akhir media LKS secara terbatas kepada siswa dan guru IPA di SMPN 1 Kubung. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi dan bahasa mencapai 75.00% dan 91.00%. Praktikalitas oleh guru yang mencapai 97.00% dan siswa 82.00%. Berdasarkan Tahapan tersebut, maka dihasilkan media pembelajaran LKS Berbasis Prediction-Observation-Explanation yang valid dan praktis

Kata Kunci : Pengembangan, 4D, Pencemaran Lingkungan, LKS Berbasis PredictionObservation-Explanation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:36
Last Modified: 30 Mar 2023 03:36
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item