Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Saintifik dengan Variasi Teka-Teki Silang dengan Variasi Teka-Teki Silang Untuk Materi Sistem Ekskresi pada Manusia di SMA.

Wulan Sari, Mutia (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Saintifik dengan Variasi Teka-Teki Silang dengan Variasi Teka-Teki Silang Untuk Materi Sistem Ekskresi pada Manusia di SMA. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengajaran modul termasuk salah satu sistem pembelajaran individualyang menggabungkan keuntungan dari berbagai metode pengajaran individual lainnya, seperti tujuan spesifik dalam bentuk kelakuan yang dapat diamati dan diukur. Modul pembelajaran berbasis saintifik dengan variasi teka-teki silang belum ada digunakan guru dalam mengkontruksi pengetahuan siswa. Perangkat sekolah bertanggung jawab memenuhi kebutuhan siswa, bagaimana pembelajaran yang dialami menarik dan menyenangkan serta mempunyai arti kebermaknaan bagi siswa. Rumusan masalah mengetahui bagaimana validitas dan praktikalitas modul pembelajaran berbasis saintifik dengan variasi teka-teki silang untuk materi sistem ekskresi pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis saintifik dengan variasi teka-teki silang untuk materi sistem ekskresi pada manusia yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dessminate, namun dalam penelitian ini sampai tahap develop. Pengumpulan data dilakukan validasi oleh 3 orang validator yang berpengalaman pada bidangnya dan pengisian angket praktikalitas oleh guru dan siswa. Selanjutnya uji coba dilakukan oleh siswa kelas X SMAN 3 Kota Solok. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Validitas modul yang dihasilkan dari dosen materi dengan nilai 88% sangat valid, validasi modul yang dihasilkan oleh dosen media 94% sangat valid dan validasi dosen bahasa 92% sangat valid serta praktikalitas oleh guru dengan nilai 85% praktis dan praktikalitas siswa 81% praktis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis saintifik dengan variasi teka-teki silang untuk materi sistem ekskresi pada manusia di SMA yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Kata kunci : pengembangan, Modul, Berbasis saintifik, Teka-teki silang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:35
Last Modified: 30 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item