Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Teamterhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok

Bagus Kurniawan, Dedek (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Teamterhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran masih menggunakan metode yang berorientasi kepada guru (teacher centered). Guru menjelaskan semua pelajaran didepan kelas dan siswa hanya menerima pelajaran dari guru dan selanjutnya diberikan soal-soal latihan. Siswa jarang mengajukan pertanyaan, belum terbiasa mengemukakan pendapat, belum aktif menemukan informasi dari berbagai sumber, mereka hanya mendengar dan mencatat apa yang diberikan oleh guru. Cara belajar siswa yang masih bersifat individu dimana, siswa yang pintar tidak mau belajar bersama teman yang belum mengerti karena siswa tidak terbiasa berbagi pengetahuan dengan temannya. Guna mewujudkan kondisi pembelajaran yang optimal, salah satu usaha yaitu menggunakan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok?". Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penggunaan model pembelajaranaktif tipe Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok.Hipotesis penelitian ini adalah model pembelajaran aktif tipe Quiz Teamdapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa VIII SMP Negeri 1 Kota Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok tahun pelajaran 2017/2018. Sampelpenelitian yaitusiswa kelas VIII berjumlah40orang sebagai kelas eksperimen dan VIIII sebagai kelas kontrol dengan siswa40orang.Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperolehzhitung = 6,45 danztabel = 1,67 ini menunjukkan bahwazhitung>Ztabel maka hipotesis diterimapada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Quiz Teamlebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solokdengan materi pokok Sistem Eksresi pada Manusia.

Kata Kunci:Quiz Team, Hasil Belajar Biologi,SMP Negeri 1 Kota Solok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:35
Last Modified: 30 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item