Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning yang Dikolaborasikan Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Bukit Sundi Tahun Pelajaran 2017/2018

Putri Sari, Winda (2018) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning yang Dikolaborasikan Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Bukit Sundi Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah yang ditemui dalam pendidikan yaitu Kurangnya ketertarikan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan guru, Siswa masih banyak melakukan aktifitas lain dalam pembelajaran Biologi, Model yang diberikan guru belum bervariasi, Siswa kurang kreatif dan tidak berinisiatif untuk mempelajari materi yang akan dipelajari, Hasil belajar biologi siswa rendah terhadapmaterisaling ketergantungan dalam Ekosistem. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan dan pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan tidak maksimal. Penggunaan model Discovery Learning yang Dikolaborasikan Dengan Peta Konep dalam pembelajaran diharapkan dapat memacu motivasi, sehingga pembelajaran menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning yang dikolaborasikan dengan peta konsep terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 2 Bukit Sundi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian "Randomized Control Group Only Design". Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ada tiga variabel yaitu variabel bebas ialah pembelajaran dengan penggunaan model Discovery Learning yang Dikolaborasikan Dengan Peta Konsep, variabel kontrol adalah materi saling ketergantungan dalam Ekosistem dan variabel terikat ialah hasil belajar Biologi siswa.
Analisis data hasil belajar siswa dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung=1,75 dan ttabel=1,68 karena thitung ttabel maka Ho ditolak atau HI diterima yaitu hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning yang Dikolaborasikan dengan Peta Konsep lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan model Discovery learning tanpa edikolaborasikan dengan peta konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:35
Last Modified: 30 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item