Pengembangan Modul Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas VII SMP

Olivia Devi, Dhika (2021) Pengembangan Modul Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas VII SMP. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan utama, yaitu keterbatasan bahan ajar pada pembelajaran pencemaran lingkungan dan jarang terlaksananya praktek IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Yang dilakukan sampai pada tahap validitas dengan menggunakan validasi pakar. Validasi dilakukan oleh 3 validator, dimana semua validator memvalidasi lembar angket validasi. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi, media dan bahasa inencapai 84%, 83% dan 85% dengan katagori sangat valid. Untuk menjamin keabsahan data maka uji validitas juga dilakukan dengan menggunakan indeks CVR yang dikembangkan oleh Lawshe. Hasil penyajian diperoleh nilai indeks CVR +1 yang mengandung arti bahwa modul layak/valid untuk digunakan. Berdasarkan validasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Modul Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII sangat valid dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Pencemaran Lingkungan, Problem Based Learning, ADDIE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:34
Last Modified: 30 Mar 2023 03:34
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item